Skip to main content

OPINI - About Marriage

How's your day guys?
Puyeng sama banyak pertanyaan? I can relate! Hahahah
Apalagi kalo ditanya what do you think about marriage?
Mikir kerasss
Menurut aku pernikahan itu merupakan ibadah yang dijalani dengan komitmen bersama, maksudnya, disaat kita menikah tentu kita nggak sendiri lagi, jelas lah ya. Kita bakalan hidup dengan partner yang sama-sama berjuang buat mencapai visi bersama. Aku memandang bahwa marriage is very important, yang dijalani selamanya seumur hidup. Saking importantnya aku berfikir bahwa when we’ll go to marriage we must have provisions, which is ilmu, karena pernikahan nggak dipelajari di sekolah, gak ada sekolah formal yang bener-bener concern sama teori-teori pernikahan.

Gak sedikit orang yang kayaknya resah banget pas orang sekitarnya udah pada nikah terutama temen-temen seangkatannya, terus malah jadi ke trigger dan ngepush diri buat cepet-cepet nikah yang bikin mereka pada baper. Aku juga gak ngerti ya malah ada yang sampe nyaris depresi fokusnya nyari jodoh biar cepet nikah, ini kasus nyata yang pernah aku temuin. Aku gak bisa menyalahkan kondisi seperti itu sih, karena itu menyangkut hak dan prinsip pribadi seseorang. Padahal menurut aku pribadi justru kita harus mempersiapkan diri, karena nikah tuh gak segampang yang dibayangkan. Ketika aku mulai memasuki dunia kerja 2015an, mayoritas senior aku bahkan temen seangkatan aku juga udah banyak yang menikah. Secara gak langsung aku banyak belajar juga dari mereka, perspektif akupun juga berubah mengenai pernikahan.

Menikah tuh harus ikhlas, gak bisa karena terpaksa dan dipaksain. Contohnya karena ngeliat orang sekitar udah pada nikah jadi maksain buat nikah atau di push sama orangtua misalnya, itu juga gak baik. Kalo udah waktunya ya pasti terjadi, jadi daripada terfokus sama hal tersebut lebih baik fokus siapin diri dan perbanyak ngefollow up apa yang udah kita evaluasi dari diri kita sendiri sebelum waktu itu tiba.

Jujur aja sih aku dari dulu gak pernah mau ambil pusing mengenai hal kayak gini, bukan karena aku gak peduli dan gak punya tujuan hidup. Aku prefer ke makna nikah tuh apa sih? Dan apa yang aku harus siapin sebelum memasuki jenjang itu?
Buat aku mempersiapkan diri dari itu penting, menimba ilmu dari berbagai sumber baik dari buku, seminar, atau pengalaman orang itu sangat-sangat penting. Karena seperti apa yang udah aku jelasin bahwa marriage is very important, kenapa aku berpendapat kalo nikah tuh sangat-sangat penting?
Bayangin aja gaes, nikah itu buat seumur hidup dan kita bakalan tinggal dengan orang yang bakalan jadi partner hidup kita selamanya. Bukan Cuma buat sehari dua hari doang, tapi selamanya, di highlight ya selamanya! Haha Makanya dengan mempersiapkan diri terlebih dahulu biar lebih mengenal diri sendiri juga, apa kelebihan dan kekurangan kita, dan apa aja yang harus kita evaluasi dari diri kita sendiri, dengan demikian kita bakalan mudah mengenal partner hidup kita nantinya atleast ya bisa toleransi sama perbedaan yang ada. Pasti akan ada perbedaan dari karakter, persepsi, habit, dan budaya (maybe). Dari situ kita bisa saling memahami dan menerima.

Ketika ditanya kapan nikah?
This is a question that has been heard very often. Pertanyaannya aja udah annoying apalagi kalo ditambah dengan “cara” penyampaian dan nada bicaranya yang kurang enak itu jadi… ah sudahlah. hahaha
Orangtua aku gak ngepush aku buat cepet nikah, tapi yang pasti mereka harus memastikan siapa yang lagi deket sama aku dan bener-bener mau serius. Karena orang tua aku berpikir bahwa yang akan menjalankan itu semua ya aku sendiri bukan oranglain dan yang tau seberapa siap aku buat menikah ya aku sendiri.

Buat sebagian penanya itu maybe berpikir karena aku orangnya terlalu easy going jadi terkesan masa bodo dan leyeh-leyeh. But i think that what's the purpose of my life, when i'll get married, and other personal things not always be published, not always talked to everyone so they know and for me there's no benefit to them from this. Banyak hal dari diri kita yang gak harus selalu orang tau, ya karena kita yang menjalankan hidup kita sendiri bukan orang lain, yang punya kendali atas diri kita ya seharusnya memang diri kita sendiri.

Terkadang pertanyaan-pertanyaan yang muncul seolah maksa, ketika aku hanya bisa menjawab dengan senyuman ya berarti semuanya memang baik-baik aja gak ada yang harus dipermasalahkan, gak ada hal yang dijadikan beban. Aku pribadi merasa banyak sekali hal yang jauh lebih penting dan berfaedah daripada harus dipusingkan dengan pertanyaan semacam itu. But well i made it all as a learning material and to evaluate myself, many things i have to pass including such questions. Hal yang disisi lain rada absurd tapi juga penting untuk dipikirkan.

That's my opinion about marriage, so essentially according to me marriage is very important and personal thing related to the principle also the purpose of life. Hopefully my opinion explanation useful for you gaes, thank you...









Regard
Orin
  


Comments

Popular posts from this blog

Review - Treatment di MS Glow Clinic Bandung

Assalamu’alaikum beauties, kali ini aku mau cerita mengenai keseruan event Bandung Hijab Blogger X MS Glow Bandung kemaren, event ini diselenggarakan di Noor Hotel jl. Madura No. 6 Bandung. Acaranya berlangsung seru banget karena dipandu oleh MC hits juga yaitu kak Elga Permana. Nah selain silaturahim Bandung Hijab Blogger family juga kita semua dapet banyak ilmu loh. Pertama kita dikenalin mengenai MS Glow Clinic oleh kak Latifah Nuraeni yang sekaligus sebagai manager MS Glow, jadi MS Glow tuh udah buka di lima cabang di kota-kota besar di Indonesia, ada di Malang, Bali, Jakarta, Surabaya dan Bandung. Untuk MS Glow cabang Bandung lokasinya ada di jl. Lombok No. 3 Bandung, lokasinya cukup strategis guys. MS Glow ini mempunyai visi misi untuk mempercantik wanita Indonesia agar menjadi elegant dan fresh, untuk yang bertanya-tanya aman ga sih kliniknya atau halal ga sih? Jangan khawatir guys karena untuk treatment peralatannya di ekspor dari Eropa tentu peralatan canggih ters

Review - Glam Matte by MS Glow

Siapa sih yang gak suka dan impresive banget sama yang namanya lip matte, aku pikir hampir semua perempuan sangat-sangat suka sama yang namanya lip matte even itu orang-orang dengan bibir kering. karena bagi aku pribadi lip matte itu lebih nyaman dipakai daripada lip gloss atau lipstik yang satin dan terkesan lembab banget kalo dibandingkan sama lipstik yang matte. daaan aku baru tau kalo MS Glow juga memproduksi lip matte, bahagiaaa banget. Kali ini aku bakalan review lip matte dari MS Glow, namanya Glam Matte Long Lasting Lipmatte. Disini aku punya yang shade 02. Warna di packaging kotaknya tuh warna ungu tapi pas dibuka warna mauve dan pas di pake agak mauve tapi ke ungu gitu. Aku suka sama warnanya karena aku belum punya juga lipmatte dengan warna kayak gini. Biasanya warna-warna yang aku punya tuh mauve yang bener-bener mauve atau lebih ke peach atau coklat. Packaging seperti yang kita tau, kalo lip cream secara umum packagingnya ya seperti itu. sama hal

Review - JARKEEN SERUM

Hallo gengs.. Kali ini aku mau ngeracunin kalian. Kalian tau kaaan minggu kemaren di IG Story aku, aku menghadiri soft opening JARKEEN di Jl. Ariajipang Bandung. JARKEEN merupakan brand skincare yang dimanage oleh RAMS COMMPANY, tau kan ownernya siapa? Selebgram yang geulis pisan tidak lain dan tidak bukan yaitu Septrina. Serius ya ini tuh kalo ada bazar aja selalu penuh antriannya apalagi pas soft opening dengan diskon 50% all item beb antriannya dari Anyer sampe Panarukan wkwkwk Kala itu aku harus berjuang sama mbak-mbak dan teteh-teteh yang buka jastip juga mamang ojol yang setia ngantri demi orderan terpenuhi. Edan pisan kan ini... Favorit aku saat ini dua item produk JARKEEN yaitu, SKIN PURIFIER GEL SERUM dan PURE+ EYE SERUM. Nyata banget dong bikin kulit lebih cerah dan glowing. Pokoknya baru 3x kali pemakaian diaku udah kerasa banget perbedaannya. Aki mix sama AHA BHA juga jadi aku pake serum ini buat pagi dan malemnya aku pake peeling serumku. Jenis kulit

Review - AZALEA GENTLE FACE WASH WONDER SKIN

Assalamu'alaikum gengss Siapa nih yang suka makeupan??? Buat sebagian besar perempuan makeup itu merupakan hal yang krusial, kadang kalo gak apply makeup berasa ada yang kurang aja gitu kan? bahkan bisa sampe bawa makeup pouch kemana-mana biar bisa touch up. Aku pun sama, apalagi kalo kerja menurutku makeup bisa menunjang profesionalitas dalam pekerjaan ya atleast kalo ketemu orang kan kita keliatannya lebih  fresh dan semangat kalo dibandingin kita gak pake makeup, meskipun itu cuma lipstik doang haha Tapiii abis makeupan pada gak lupa buat bersihin wajah kan? Ini amat sangat penting gengs, apalagi  kayak aku pengguna setia jasa moda transportasi online bersihin wajah setelah seharian beraktivitas tuh hukumnya wajib banget biar gak timbul masalah di kulit wajah kayak bruntusan, komedo, sampe jerawat. Kalo udah jerawatan kan jadi PR juga buat sendiri, jadi lebih baik mencegah daripada mengobati. Selain itu, pemilihan sabun pembersih juga harus tepat sesuai jenis

Review N’PURE CICA Clear Pad, Solusi Ekfoliasi Asyik Tanpa Iritasi

Siapa nih yang rajin skincarean tapi malah skip eksfoliasi karena takut iritasi? Sekarang gak bakalan lagi deeeh Aku punya solusi eksfoliasi yang asik tanpa rasa sakit bahkan iritasi karena, diklaim cocok buat segala jenis kulit. Tidak lain dan tidak bukan adalah N’PURE CICA Clear Pad. Sebelumnya, aku mau bahas dulu seberapa penting eksfoliasi. Sebenarnya kulit kita itu akan beregenerasi secara alami. Tapi eksfoliasi ternyata penting lho apalagi buat orang yang sering make up. Selain bisa membersihkan kotoran dan sisa make up, eksfoliasi juga bisa membersihkan sel kulit mati. Setelah eksfoliasi biasanya kulit jadi lebih bersih, halus, dan lembut. Bukan itu aja, kulit jadi lebih siap untuk menerima skincare selanjutnya. Kalau mau lanjut pake make up, make up akan lebih nempel karena tekstur kulit jadi lebih ok. Next, aku mau bahas N’PURE CICA Clear Pad yang lagi aku pake sekarang. Menurutku, ini adalah solusi eksfoliasi tanpa rasa sakit dan iritasi. Packaging N’PURE CICA Clear Pad ini m