Skip to main content

Aktivitasku Selama #dirumahaja


Beberapa bulan yang lalu awal kemunculan berita mengenai virus covid 19 dari kota Wuhan, China. Aku sama sekali gak nyangka ternyata hal ini bisa berdampak pada seluruh dunia bahkan menjadi bencana global. Gak nyangka sama sekali karena hal kayak gini tuh biasanya cuma fiktif di film-film atau novel-novel. Meskipun sebelumnya dunia dilanda wabah Flu Burung, SARS, dan sebagainya tapi ternyata wabah virus covid 19 atau Corona ini lebih dari itu, karena Indonesia termasuk salah satu negara dengan kasus yang cukup banyak.




Mungkin salah satunya pengaruh globalisasi, akses Indonesia terhadap seluruh dunia memang terbuka sehingga traffic, arus lalulintas udarapun cukup sibuk setiap harinya seperti perjalanan bisnis atau pekerjaan, pendidikan, bahkan untuk sekedar liburan. Setelah diumumkannya penutupan akses atau yang sering kita dengar dengan istilah lockdown aktivitas manusia seolah terbatas. Termasuk himbauan untuk melakukan social distancing atau tetap berada di rumah yang ramai disuarakan atau dikampanyekan dengan tagar dirumah aja (#dirumahaja) sampai kondisi dinyatakan aman oleh pemerintah.




Kondisi seperti sekarang ini tentunya sangat berpengaruh pada seluruh sektor, karena yang mendapat perizinan untuk beroperasi hanyalah sebagian kecil seperti lembaga kesehatan, bank, dan beberapa instansi dengan layanan publik. Bahkan mungkin sebagian individu di seluruh dunia sudah mulai merasakan titik jenuh, pasalnya bukan hanya kegiatan sosial atau aktivitas yang dibatasi bahkan beberapa instansi dengan terpaksa harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), jasa transportaasi, umkm, dan sebagainya mengalami kerugian besar.




Disisi lain pihak yang tidak bertanggungjawab dengan memiliki materi lebih berbondong-bondong memborong hampir seluruh kebutuhan pokok, termasuk tissue, handsanitizer, dan chemical product lainnya. Hal tersebut sungguh ironis, negara kita jadi keliatan banget kontrasnya yang ada di atas semakin nyaman seperti tanpa beban dan yang berada di bawah seolah semakin terhimpit. Selain itu juga banyak banget drama-drama yang memilukan, seperti halnya penolakan jenazah korban covid 19, hoax yang merugikan pihak tertentu, krisis ekonomi, dan sebagainya. Jujur aku tuh sedih banget tiap liat dan denger berita sekarang-sekarang ini seolah nafas tuh sesek hampir gak ada berita yang jadi pencerahan atau penawar disaat kondisi kayak gini.




Well sekarang aku mau sharing hal-hal apa aja yang selama #dirumahaja alias social distancing aku lakuin:



Work From Home


Sebagian besar instansi diberhentikan untuk beraktivitas di kantor termasuk tempat aku kerja. Meskipun seminggu sekali harus piket tapi mostly pekerjaanpun dikerjakan dirumah termasuk rapat-rapat yang dilakukan secara daring (online). Mungkin kesannya nyantai, enjoy, bisa sambil leyeh-leyeh. But nopee! WFH justru jadi lebih ribet apalagi pas deadline, entah kenapa kerasanya jadi lebih banyak dari pekerjaan di hari-hari normal. Mungkin karena seharian ada di rumah dan bukan cuma kerjaan kantor aja tapi juga kerjaan rumah yang tetep harus dikelarin, selain itu karena memang dihimbau untuk selalu bersih dan menjaga kesehatan intensitas bebersih dan beres-beres juga bukan main lelahnya.



Quality Time Bareng Keluarga

Mungkin bagi sebagian keluarga makan bareng di rumah itu udah hal biasa dilakukan tiap hari, nah aku termasuk keluarga yang gak demikian. Mungkin di malem hari baru pada bisa ngumpul terkadang udah waktunya tidur jadi ketemunya Cuma pagi doang pas mau beraktivitas lagi. Social distancing ini bikin waktu sama keluarga jadi lebih banyak lebih panjang, mau sharing-sharing, gotong royong bebersih, dan nonton bareng. Hal-hal kayak gini berasa spesial banget alhamdulillah. Percaya dibalik keluh kesah, dibalik musibah wabah ini ada hikmah yang mungkin sering kita lupain dan lupa buat kita syukuri.


Baca Buku



Biar gak melulu ngerjain kerjaan kantor dan ngerjain kerjaan rumah, sesekali harus ngerecharge otak dan ngemanage mood. Salah satunya dengan baca buku, karena masih ada beberapa buku baru yang belum aku baca. Ini aku anggap aja sebagai me time yang berfaedah. Haha


Nonton Drama Korea

Honestly aku tuh jarang banget bahkan udah nyaris gak pernah nonton drama percintaan yang bikin mewek. Tau sendiri kan ya drama Korea itu mostly jalan cerita tuh beneran dramatis sering kali menguras air mata, karena tujuannya biar gak jenuh ya coba-coba aja nonton beberapa judul series dan sampe detik ini udah tamat puluhan episode. Omaygaaat.


Bikin Konten


Nah ini dia, salah satu aktivitas dikala social distancing. Ngerjain beberapa deadline buat konten dari foto produk sampe video juga ngedraft dijabanin gengs. Pokoknya gimana caranya biar gak rebahan mulu dan makan mulu ya apapun coba aku lakukan wkwkwk


Praktekin Resep Baru

Sebagai wanita yang gak jago-jago amat memasak, social distancing ini bisa dimanfaatin juga belajar jadi chef ya minimal jadi chef andalan diri sendiri lah ya wkwk
Akhir-akhir ini ada beberapa menu desert yang viral, salah satunya dalgona coffee. Bisa bayangin gak kalo lagi sibuk ngantor terus bikin dalgona coffee? Boro-boro, jangankan buat bikinnya ada niatan juga kayaknya gak bakalan. U know lah ya. Dalgona coffee itu bukan hanya rasa, kreativitas, tapi juga niat dan waktu luang juga kesabaran tingkan dewa. Ini salah satu hikmah buat aku karena bisa belajar bikin beberapa menu baru.


Kajian Online dan Seminar/Kelas Online




Meskipun di rumah aja menurutku penting banget buat upgrade pengetahuan dan ilmu selain bisa bikin wawasan kita jadi lebih luas, seperti kajian online yang biasa aku ikutin bisa memotivasi ibadah juga apalagi sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah ramadhan tentunya dari keimanan dan keilmuan juga harus dikokohkan biar lebih siap menjalankannya dengan penuh khusyuk.
Sebagai newbie dalam perbloggeran aku juga ikut beberapa kelas online blog dan kelas menulis ini ngebantu banget buat aku biar lebih paham perihal blog dan membuat konten, juga beberapa seminar online mengenai permasalahan covid 19, perekonomian, dan sebagainya. 


Tadarus Al Qur'an

Sebenernya sih aku selalu berusaha nyempetin sehabis shalat fardu tapi kali ini kan memasuki bulan suci ramadan yang insyaa Allah pahala dari ibadah dan amalan dilipat gandakan, ini juga sebagai bentuk rasa syukur aku karena  Allah masih ngasih nikmat berupa kesempatan dan usia di ramadan tahun ini jadi harus aku manfaatkan sebaik mungkin dan ramadan tuh menurutku spesial melakukan ibadah juga ngerasa jadi lebih fokus. Selain itu aku dan temen-temen blogger dan content creator lainnya bikin grup dengan bimbingan seorang mentor yang bertujuan untuk saling memotivasi agar selalu istiqomah dalam menjalankan tadarus selama bulan ramadan, mudah-mudahan bisa khattam bareng-bareng juga pertemanan kita gak cuma di dunia aja mudah-mudahan lewat hal ini kita bisa berteman sampai syurga, aamiin Allahumma aamiin.





Thank you udah baca, oiya biar tau aktivitas apa aja yang dilakuin sama temen-temen Bandung Hijab Blogger lainnya buat kalianinspirasi kalian selama #dirumahaja bisa pantengin terus instagramnya @bandunghijabblogger karena tulisan ini juga merupakan ccollab aku bareng temen-temen BHB :)








Comments

  1. Hampir sama aktivitasnya nih selama di rumah. Semoga pademi ini segera berakhir yes. Aamiin

    ReplyDelete
  2. Asik yaa aktivitas di rumah sebenernya hampir sama aja, yang membedakan tingkat kejenuhannya.

    Kalo dilakukan dengan penuh cinta dan ikhlas asik tuh menikmati tapi sebaliknya merasa neraka dan waktu panjang banget.

    Semoga kita termasuk Orang2 yang pandai bersyukur

    ReplyDelete
  3. Samaaa nich, aq juga jadi baca buku lagi...

    ReplyDelete
  4. Sama sama , Cuma aku lagi Libur baca Buku Rin,, sedikit Gada waktu, ya Allah semoga aku bisa baca buku lagi

    ReplyDelete
  5. Sama aku juga baca buku buat killing time yang bermanfaat. Btw salah fokus itu yang di Fimela ada temen aku yang dari Jogja

    ReplyDelete
  6. Tadarus alquran jadi agenda ku juga teh mudah2n kita hatam yaaa selama bulan ramadhan ini

    ReplyDelete
  7. Pokoknya tetap produktif ya dan melakukan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat. Alhamdulillah sambil dibarengi dengan Ramadan, biar ibadah jadi lebih khusyu.

    ReplyDelete
  8. Ternyata banyak juga ya, aktivitas yang bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah aja. Yakin aja, kalau semua kejadian ini pasti ada hikmahnya.

    ReplyDelete
  9. Aku udah lama banget ga nonton drakor, lebih dari 2 tahun kayanya.. Etapi terpicu lagi nonton gara-gara CLoY hahaha, trus sekarang susah berhentinyaaa

    ReplyDelete
  10. Produktif banget tth ya ampun seneng deh semangat terus yah

    ReplyDelete
  11. Wah wah pgn bgt ikutan seminar atau kelas online tp selalu ketinggalan trs infonya heuheu sedih😂

    ReplyDelete
  12. Bener banget Teh, aku juga pengen khatam Alquran bulan ini, semangat

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah ..ternyata banyak ya yg bisa dikerjakan di rumah ..aku nonton yg sudah engga dilakukan... bingung nysihin wktnya...huhu..

    ReplyDelete
  14. Wah banyak yang sama euy kegiatannya hihi..pengen khatam juga bulan inii

    ReplyDelete
  15. Setelah wfh banyak banget hal yang bisa dilakuin di rumah ya

    ReplyDelete
  16. Nah dalgon coffee sampe sekarang aku belum sempet praktekkin

    ReplyDelete
  17. Untung banget ya skrg teknologi udah canggih,, wfh pun bisa lancarr

    ReplyDelete
  18. Wahh produktif bngt wktu kaka ya ksk, tpi kita ada samaan ni kak yg dilakuin saat dirumah aja, yg jelas drakorr jngn sampe ketinggalan kk🤭🤭

    ReplyDelete
  19. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review - Treatment di MS Glow Clinic Bandung

Assalamu’alaikum beauties, kali ini aku mau cerita mengenai keseruan event Bandung Hijab Blogger X MS Glow Bandung kemaren, event ini diselenggarakan di Noor Hotel jl. Madura No. 6 Bandung. Acaranya berlangsung seru banget karena dipandu oleh MC hits juga yaitu kak Elga Permana. Nah selain silaturahim Bandung Hijab Blogger family juga kita semua dapet banyak ilmu loh. Pertama kita dikenalin mengenai MS Glow Clinic oleh kak Latifah Nuraeni yang sekaligus sebagai manager MS Glow, jadi MS Glow tuh udah buka di lima cabang di kota-kota besar di Indonesia, ada di Malang, Bali, Jakarta, Surabaya dan Bandung. Untuk MS Glow cabang Bandung lokasinya ada di jl. Lombok No. 3 Bandung, lokasinya cukup strategis guys. MS Glow ini mempunyai visi misi untuk mempercantik wanita Indonesia agar menjadi elegant dan fresh, untuk yang bertanya-tanya aman ga sih kliniknya atau halal ga sih? Jangan khawatir guys karena untuk treatment peralatannya di ekspor dari Eropa tentu peralatan canggih ters

Review - Glam Matte by MS Glow

Siapa sih yang gak suka dan impresive banget sama yang namanya lip matte, aku pikir hampir semua perempuan sangat-sangat suka sama yang namanya lip matte even itu orang-orang dengan bibir kering. karena bagi aku pribadi lip matte itu lebih nyaman dipakai daripada lip gloss atau lipstik yang satin dan terkesan lembab banget kalo dibandingkan sama lipstik yang matte. daaan aku baru tau kalo MS Glow juga memproduksi lip matte, bahagiaaa banget. Kali ini aku bakalan review lip matte dari MS Glow, namanya Glam Matte Long Lasting Lipmatte. Disini aku punya yang shade 02. Warna di packaging kotaknya tuh warna ungu tapi pas dibuka warna mauve dan pas di pake agak mauve tapi ke ungu gitu. Aku suka sama warnanya karena aku belum punya juga lipmatte dengan warna kayak gini. Biasanya warna-warna yang aku punya tuh mauve yang bener-bener mauve atau lebih ke peach atau coklat. Packaging seperti yang kita tau, kalo lip cream secara umum packagingnya ya seperti itu. sama hal

Review - JARKEEN SERUM

Hallo gengs.. Kali ini aku mau ngeracunin kalian. Kalian tau kaaan minggu kemaren di IG Story aku, aku menghadiri soft opening JARKEEN di Jl. Ariajipang Bandung. JARKEEN merupakan brand skincare yang dimanage oleh RAMS COMMPANY, tau kan ownernya siapa? Selebgram yang geulis pisan tidak lain dan tidak bukan yaitu Septrina. Serius ya ini tuh kalo ada bazar aja selalu penuh antriannya apalagi pas soft opening dengan diskon 50% all item beb antriannya dari Anyer sampe Panarukan wkwkwk Kala itu aku harus berjuang sama mbak-mbak dan teteh-teteh yang buka jastip juga mamang ojol yang setia ngantri demi orderan terpenuhi. Edan pisan kan ini... Favorit aku saat ini dua item produk JARKEEN yaitu, SKIN PURIFIER GEL SERUM dan PURE+ EYE SERUM. Nyata banget dong bikin kulit lebih cerah dan glowing. Pokoknya baru 3x kali pemakaian diaku udah kerasa banget perbedaannya. Aki mix sama AHA BHA juga jadi aku pake serum ini buat pagi dan malemnya aku pake peeling serumku. Jenis kulit

Review - AZALEA GENTLE FACE WASH WONDER SKIN

Assalamu'alaikum gengss Siapa nih yang suka makeupan??? Buat sebagian besar perempuan makeup itu merupakan hal yang krusial, kadang kalo gak apply makeup berasa ada yang kurang aja gitu kan? bahkan bisa sampe bawa makeup pouch kemana-mana biar bisa touch up. Aku pun sama, apalagi kalo kerja menurutku makeup bisa menunjang profesionalitas dalam pekerjaan ya atleast kalo ketemu orang kan kita keliatannya lebih  fresh dan semangat kalo dibandingin kita gak pake makeup, meskipun itu cuma lipstik doang haha Tapiii abis makeupan pada gak lupa buat bersihin wajah kan? Ini amat sangat penting gengs, apalagi  kayak aku pengguna setia jasa moda transportasi online bersihin wajah setelah seharian beraktivitas tuh hukumnya wajib banget biar gak timbul masalah di kulit wajah kayak bruntusan, komedo, sampe jerawat. Kalo udah jerawatan kan jadi PR juga buat sendiri, jadi lebih baik mencegah daripada mengobati. Selain itu, pemilihan sabun pembersih juga harus tepat sesuai jenis

Review N’PURE CICA Clear Pad, Solusi Ekfoliasi Asyik Tanpa Iritasi

Siapa nih yang rajin skincarean tapi malah skip eksfoliasi karena takut iritasi? Sekarang gak bakalan lagi deeeh Aku punya solusi eksfoliasi yang asik tanpa rasa sakit bahkan iritasi karena, diklaim cocok buat segala jenis kulit. Tidak lain dan tidak bukan adalah N’PURE CICA Clear Pad. Sebelumnya, aku mau bahas dulu seberapa penting eksfoliasi. Sebenarnya kulit kita itu akan beregenerasi secara alami. Tapi eksfoliasi ternyata penting lho apalagi buat orang yang sering make up. Selain bisa membersihkan kotoran dan sisa make up, eksfoliasi juga bisa membersihkan sel kulit mati. Setelah eksfoliasi biasanya kulit jadi lebih bersih, halus, dan lembut. Bukan itu aja, kulit jadi lebih siap untuk menerima skincare selanjutnya. Kalau mau lanjut pake make up, make up akan lebih nempel karena tekstur kulit jadi lebih ok. Next, aku mau bahas N’PURE CICA Clear Pad yang lagi aku pake sekarang. Menurutku, ini adalah solusi eksfoliasi tanpa rasa sakit dan iritasi. Packaging N’PURE CICA Clear Pad ini m