Skip to main content

Now, This Is The Biggest Decision of My Life!





Hidup itu adalah pilihan dan mengambil keputusan dalam memilih merupakan hal yang tidak mudah.
Kalo ditanya, Rin what do you think is the biggest decision in your life?
Untuk saat ini, yang merupakan the big decision life buat aku adalah pekerjaan. Honestly, aku sama sekali tidak pernah membayangkan sebelumnya kalo aku akan bekerja pada bidang pendidikan dan aku rasa itu buka passionku. Tapi aku berpikir bahwa aku harus keluar dari comfort zone, which is ketika aku bekerja pada tempat sebelumnya yang related sama background pendidikan yang dimana pada saat itu aku ngerasa bahwa siklus atau polanya akan terbayang persis dengan apa yang telah terjadi, dari mulai tantangan, apa yang aku harus lakukan beserta problem solvingnya.



Bagi aku bekerja pada bidang pendidikan amat sangat menantang, apalagi background aku bukan dari pendidikan atau ilmu pemerintahan yang mengerti bahkan paham mengenai birokrasi pemerintahan. Meskipun, sebelumnya aku pernah praktek kerja lapangan di instansi pemerintahan, tapi bidang pendidikan itu memang sedikit berbeda meskipun itu swasta tetapi tetap dalam naungan kementerian pendidikan yang gak luput dari birokrasi dan kebijakan pemerintah. Pada saat awal bergabung di tempat kerjaku sekarang, sering kali aku merasakan cultur shock terhadap budaya organisasi, habit, dan siklus kerja. Karena memang secara realita memang beda budaya organisasi antara corporation dengan instansi yayasan pendidikan. Jadi kau memang merasakan semuanya dimulai dari nol, dari ketidaktahuan, dan hal-hal baru yang sebelumnya belum aku temukan.



Banyak berkah yang sadar gak sadar aku dapet dari tempat kerjaku sekarang, selain pengalaman pencatatan keuangan yang tentu berbeda dengan perusahaan tempat kerjaku sebelumnya, kebijakan, hingga harus berurusan dengan birokrasi pemerintah secara langsung, juga aku belajar banyak memahami pribadi manusia melalui interaksi dan kerjasama selama bekerja, ada point kekeluargaan, terdapat juga perbedaan, juga memahami pola perilaku, pergaulan, dan perkembangan siswa. Meskipun kerjaanku sebagai staff keuangan. Hal tersebut merupakan pembelajaran buat aku pribadi untuk mengevaluasi cara komunikasi atau sikap aku terhadap oranglain, cara pengerjaan laporan secara berkala yang setiap hari harus ku follow up, dan masih banyak lagi keseruan yang terkadang membuat aku lelah. But it's so fun. Mengenai jam kerja yang mungkin lebih sedikit dibandingkan tempat kerjaku sebelumnya, siklus kerja yang statis, dan hanya bertemu dengan orang-orang yang sama setiap harinya gak jarang buat aku ngerasa jenuh, bosan itu hal yang wajar dan pasti akan terjadi. Aku ngerasa kurang beraktualisasi diriri, sehingga aku sering aktif dalam kegiatan lainn diluar pekerjaanku. Aku habiskan weekendku dengan aktif mengikuti kajian, kegiatan sosial, kegiatan lainnya yang positif termasuk blogging. 



Selama perkuliahan dulu karena konsentrasi jurusan yang aku ambil adalah manajemen sumber daya manusia, didalamnya banyak membahas mengenai budaya organisasi dan hal-hal lain mengenai sdm dalam suatu perusahaan maupun organisasi. Yang menjadi indikator dari self esteem salah satunya adalah aktualisasi diri, aktualisasi diri merupakan hal yang sangat penting bagi diri pribadi manusia tapi sayangnya tidak sedikit orang yang tau atau bahkan menganggap tidak terlalu penting. Aktualisasi diri juga dapat sebagai refleksi dari penatnya pekerjaan yang seakan mempush diri kita untuk selalu terfokus dalam rutinitas tersebut. Jika pekerjaannya rutin dengan pekerjaan yang itu-itu aja dan budaya organisasi yang statis akan berpengaruh pada sdm yang bersangkutan sehingga mudah merasa bosan dan jenuh dengan rutinitas kerja yang bahkan mungkin tingkat kompetisi dan tantangan yang rendah namun tingkat konflik cukup tinggi, selain itu juga sebaliknya untuk pekerjaan yang sangat-sangat multitasking akan terlalu mengeksplore kemampuan diri sehingga akan sering merasa bingung harus memprioritaskan yang mana hingga akan mudah merasa stress.











Untuk saaat ini, akupun gak pernah tau keputusan besar apa lagi yang akan aku ambil besok, setelah ini, bahkan suatu saat nanti. Intinya aku harus menjalaninya dengan enjoy dan sebaik mungkin juga gak lupa dengan penuh tanggungjawab atas keputusan terbesar ini. Karena menurut aku keseruan dari tantangan yang aku ambil mengenai apapun itu adalah aku akan menemukan banyak pembelajaran yang sebelumnya belum pernah aku temuin juga tentu banyak hikmahnya.


Keputusan hidup dikendalikan oleh kedewasaan seseorang dan saat ini mungkin aku sedang berada pada fase tersebut, setiap pilihan mengajarkan aku untuk lebih dewasa dengan bertanggungjawab atas keputusan yang aku pilih dan atas hidup yang aku jalani. Proses dalam mengambil keputusan memang terkesan dramatis, banyak pro dan kontra hingga menyebabkan perdebatan, dan hal-hal lainnya yang sangat meguji kesabaran. Sehingga jika kita hadapi dengan baik maka kedewasaan kita juga akan terlatih.
Anyway, postingan blog kali ini  merupakan collab aku dengan Bandung Hijab Blogger (BHB), semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga blog temen-temen member BHB lainnya untuk informasi bisa dilihat di akun instagram @bandunghijabblogger






See you... Xoxo






Comments

  1. Semangat ya, kita nyicil tabungan buat diakhirat :D

    ReplyDelete
  2. Paling seneng saat berkecimpung di dunia baru. Sensasinya nano nano. Nervous sm excited jadi satu. Tapi yang pasti kesempatan2 baru bikin kita semakin dewasa ya teh..

    ReplyDelete
  3. Life is a mistery ya..ngga tahu mau dibawa kemana.. Kadang malah ke bidang yang ngga disangka2

    ReplyDelete
  4. Bidang baru, pengalaman baru ya.. Semangat terus! 😊

    ReplyDelete
  5. Semangat terus kak.. life is choice.. apapun pilihannya pasti udh ada jalannya..🤗

    ReplyDelete
  6. Pengalaman baru semangat baru. Apapun jalannya harus semangat. Sukses selalu kak🤗

    ReplyDelete
  7. Memang hidup membawa kita kearah yang awalnya kita ga paham tapi lama2 bisa jafijhal yang paling kita syukuri. Tulisan kamu wise enough say. Semangat bekerja dan berkarya ya.

    ReplyDelete
  8. Semangat kak, Allah selalu punya kejutan untuk hidup kita ❤

    ReplyDelete
  9. Bener bgt Ka, Aku juga sekarang lagi belajar buat keluar dari zona nyaman. Semangat ya kaaaaa!

    ReplyDelete
  10. bekerja di bidang apapun selagi itu halal dan masih dijalan Allah, why not kaaak, tetep semangaaat yaa kaaak🖤

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Gak pernah tahu kemana jalan hidup akan membawa kita ya :)

    ReplyDelete
  13. yang penting selalu disyukuri ya ka dimanapun berada, dan whatever you wanna be or you will be keep the best

    ReplyDelete
  14. Semangat buat pengalaman barunya beb. Jangan menyerah apapun yg terjadi karena usaha tak akan menghianati hasil

    ReplyDelete
  15. beneran harus siap mental sama apa yang bakalan kita hadapi di depan mata nanti, semangat :)

    ReplyDelete
  16. Aku termasuk anak yg ansos dan susah banget untuk berinteraksi di t4 baru, susah banget untuk keluar dr zona nyaman, buat kamu smangat terus yaa.. Sukses

    ReplyDelete
  17. Semangaat teeh.. terus kaaih yg terbaik dan terbuka ama tantangan baru hehe

    ReplyDelete
  18. Mama n kakaknya Lae juga guru. InsyaAllah berkah teh jalannya. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inshaa Allah teh Lae makasih. Aamiin. Semangat jg buat teh Lae:)

      Delete
  19. Tetep semangad yaa Teh, sayapun dulu hrus kerja dibidng yg bukan saya banged, dan saya mah malah nyerah 😅

    ReplyDelete
  20. Aku juga pernah ngalamin masa2 adaptasi dari nol.. Waktu itu waktu magang, padahal jurusan saat aku kuliah sesuai dan nyambung banget dengan bidang pekerjaanku waktu itu saat magang, tapi karena perbedaan lingkungan, aku harus memulai semuanya dari awal lagi, belajar lagi. I feel you. Semoga sukses terus ya teh :)

    ReplyDelete
  21. keputusan untuk keluar dari zona nyaman itu luar biasa teh, gak semua orang sanggup untuk melakukannya. Sukses selalu ya teh dalam karirnya :)

    ReplyDelete
  22. Namanya takdir itu kadang selucu itu yah. Kita gak pernah tahu bakalan diarahin kemana. Tapi yakin deh pasti yang terbaij

    ReplyDelete
  23. Apapun keputusannya harus tetap bahagia ya. Karena kita yang akan ngejalaninya. Gak pernah tau akan kemana, yang penting jalani aja.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review - Treatment di MS Glow Clinic Bandung

Assalamu’alaikum beauties, kali ini aku mau cerita mengenai keseruan event Bandung Hijab Blogger X MS Glow Bandung kemaren, event ini diselenggarakan di Noor Hotel jl. Madura No. 6 Bandung. Acaranya berlangsung seru banget karena dipandu oleh MC hits juga yaitu kak Elga Permana. Nah selain silaturahim Bandung Hijab Blogger family juga kita semua dapet banyak ilmu loh. Pertama kita dikenalin mengenai MS Glow Clinic oleh kak Latifah Nuraeni yang sekaligus sebagai manager MS Glow, jadi MS Glow tuh udah buka di lima cabang di kota-kota besar di Indonesia, ada di Malang, Bali, Jakarta, Surabaya dan Bandung. Untuk MS Glow cabang Bandung lokasinya ada di jl. Lombok No. 3 Bandung, lokasinya cukup strategis guys. MS Glow ini mempunyai visi misi untuk mempercantik wanita Indonesia agar menjadi elegant dan fresh, untuk yang bertanya-tanya aman ga sih kliniknya atau halal ga sih? Jangan khawatir guys karena untuk treatment peralatannya di ekspor dari Eropa tentu peralatan canggih ters

Review - Glam Matte by MS Glow

Siapa sih yang gak suka dan impresive banget sama yang namanya lip matte, aku pikir hampir semua perempuan sangat-sangat suka sama yang namanya lip matte even itu orang-orang dengan bibir kering. karena bagi aku pribadi lip matte itu lebih nyaman dipakai daripada lip gloss atau lipstik yang satin dan terkesan lembab banget kalo dibandingkan sama lipstik yang matte. daaan aku baru tau kalo MS Glow juga memproduksi lip matte, bahagiaaa banget. Kali ini aku bakalan review lip matte dari MS Glow, namanya Glam Matte Long Lasting Lipmatte. Disini aku punya yang shade 02. Warna di packaging kotaknya tuh warna ungu tapi pas dibuka warna mauve dan pas di pake agak mauve tapi ke ungu gitu. Aku suka sama warnanya karena aku belum punya juga lipmatte dengan warna kayak gini. Biasanya warna-warna yang aku punya tuh mauve yang bener-bener mauve atau lebih ke peach atau coklat. Packaging seperti yang kita tau, kalo lip cream secara umum packagingnya ya seperti itu. sama hal

Review - JARKEEN SERUM

Hallo gengs.. Kali ini aku mau ngeracunin kalian. Kalian tau kaaan minggu kemaren di IG Story aku, aku menghadiri soft opening JARKEEN di Jl. Ariajipang Bandung. JARKEEN merupakan brand skincare yang dimanage oleh RAMS COMMPANY, tau kan ownernya siapa? Selebgram yang geulis pisan tidak lain dan tidak bukan yaitu Septrina. Serius ya ini tuh kalo ada bazar aja selalu penuh antriannya apalagi pas soft opening dengan diskon 50% all item beb antriannya dari Anyer sampe Panarukan wkwkwk Kala itu aku harus berjuang sama mbak-mbak dan teteh-teteh yang buka jastip juga mamang ojol yang setia ngantri demi orderan terpenuhi. Edan pisan kan ini... Favorit aku saat ini dua item produk JARKEEN yaitu, SKIN PURIFIER GEL SERUM dan PURE+ EYE SERUM. Nyata banget dong bikin kulit lebih cerah dan glowing. Pokoknya baru 3x kali pemakaian diaku udah kerasa banget perbedaannya. Aki mix sama AHA BHA juga jadi aku pake serum ini buat pagi dan malemnya aku pake peeling serumku. Jenis kulit

Review - AZALEA GENTLE FACE WASH WONDER SKIN

Assalamu'alaikum gengss Siapa nih yang suka makeupan??? Buat sebagian besar perempuan makeup itu merupakan hal yang krusial, kadang kalo gak apply makeup berasa ada yang kurang aja gitu kan? bahkan bisa sampe bawa makeup pouch kemana-mana biar bisa touch up. Aku pun sama, apalagi kalo kerja menurutku makeup bisa menunjang profesionalitas dalam pekerjaan ya atleast kalo ketemu orang kan kita keliatannya lebih  fresh dan semangat kalo dibandingin kita gak pake makeup, meskipun itu cuma lipstik doang haha Tapiii abis makeupan pada gak lupa buat bersihin wajah kan? Ini amat sangat penting gengs, apalagi  kayak aku pengguna setia jasa moda transportasi online bersihin wajah setelah seharian beraktivitas tuh hukumnya wajib banget biar gak timbul masalah di kulit wajah kayak bruntusan, komedo, sampe jerawat. Kalo udah jerawatan kan jadi PR juga buat sendiri, jadi lebih baik mencegah daripada mengobati. Selain itu, pemilihan sabun pembersih juga harus tepat sesuai jenis

Review N’PURE CICA Clear Pad, Solusi Ekfoliasi Asyik Tanpa Iritasi

Siapa nih yang rajin skincarean tapi malah skip eksfoliasi karena takut iritasi? Sekarang gak bakalan lagi deeeh Aku punya solusi eksfoliasi yang asik tanpa rasa sakit bahkan iritasi karena, diklaim cocok buat segala jenis kulit. Tidak lain dan tidak bukan adalah N’PURE CICA Clear Pad. Sebelumnya, aku mau bahas dulu seberapa penting eksfoliasi. Sebenarnya kulit kita itu akan beregenerasi secara alami. Tapi eksfoliasi ternyata penting lho apalagi buat orang yang sering make up. Selain bisa membersihkan kotoran dan sisa make up, eksfoliasi juga bisa membersihkan sel kulit mati. Setelah eksfoliasi biasanya kulit jadi lebih bersih, halus, dan lembut. Bukan itu aja, kulit jadi lebih siap untuk menerima skincare selanjutnya. Kalau mau lanjut pake make up, make up akan lebih nempel karena tekstur kulit jadi lebih ok. Next, aku mau bahas N’PURE CICA Clear Pad yang lagi aku pake sekarang. Menurutku, ini adalah solusi eksfoliasi tanpa rasa sakit dan iritasi. Packaging N’PURE CICA Clear Pad ini m