Skip to main content

My Acne Story

Hi welcome back to my blog, kali ini aku mau sharing pengalaman mengenai struggle aku dalam mengadapi acne. Desclimer dulu ya kalo aku ini bukan orang yang expert mengenai kesehatan kulit dan disini aku cerita berdasarkan pengalaman aku sendiri dan berdasarkan produk yang pernah aku pake sendiri juga. Kalo ada masukan atau saran feel free dikolom komentar atau direct message ya insyaa Allah nanti aku jawab.


Awalnya jenis kulit aku itu normal tapi mungkin seiring bertambahnya usia pengaruh hormon juga menjadikan kulit aku jadi kombinasi dari yang awalnya semua area wajah aku normal, sekarang jadi kombinasi which is Tzone itu oily dan sisanya normal aja gitu tapi pada kondisi tertentu bisa kering banget atau oily banget. Mengenai jerawat yang muncul ya pasti adalah terbilang masih normal dan mungkin munculnya juga pas PMS.


Jadi, semua berawal dari 2017. Tahun ini merupakan tahun awal mula aku aktif ikutan pageant, modeling, dan cukup banyak acara yang mengharuskan aku makeup. Tuntutan makeup yang harus stay on dari pagi sampe malem belum touch up itu rasanya bikin wajah jadi berasa lumayan berat. To be honest ditahun ini aku kalo dailypun jarang makeup yang berat dan sama sekali belom paham skincare apalagi keutamaan double cleansing. Bersihin makeup juga ya ala kadarnya banget, sampe sering telat banget bersihin makeup alhasil muncul lah permasalahan hidup itu. Hiks.


Karena awam banget pengetahuanku mengenai skincare dan waktu cleansing yang sering banget telat, jadi bikin kulit wajah aku bruntusan, banyak white heads, kasar, kusem, dsb. Dari sini aku gak tau juga gimana solusi mengatasinya karena aku takut malah makin memperparah dan akhirnya aku sempet stress juga sama permasalahan acne yang aku alami tersebut.


2017 itu aku langsung cari tau dari berbagai sumber mengenai pengobatan untuk jerawat sampai akhirnya aku tertarik banget sama salah satu klinik kecantikan di Bandung yang reviewnya tuh bagus-bagus, selain itu juga mereka banyak menggandeng sebriti gitu kan. Nah, aku coba konsultasi sampe akhirnya aku beli dan pake produknya beberapa bulan sampai akhirnya terus-terusan aku pake sampe 2019. Tapi gak istiqomah juga karena misalnya aku pake cuma tiga bulan terus aku selingin juga produk lain.


Well, aku bakalan jelasin produk apa aja yang aku pake selama kulit wajahku bermasalah dengan jerawat, bruntusan, etc. Tapiiiii ya nih tapi, kulit orang kan beda-beda dan jerawat juga macem-macem jadi solusinya bisa berrbeda tiap kasus jerawat. Produk yang aku pake belum tentu cocok di kalian dan begitu sebaliknya. Disini aku cuma sharing aja, kalo misalkan memang ada yang cocok ya alhamdulillah semoga sharing aku bisa bermanfaat buat kalian para pembaca budiman. Huge hug.




SKINCARE PRODUCTS

 

For your information guys, ini aku jelasin secara jujur dan bukan endorsment.

Aku jelasin dulu jadi pas awal aku pake Airin tuh cuma disaranin pake facial wash, shooting cream, sunscreen, dan serum. Nah, yang terakhir kemaren ini aku disaranin buat pake facial wash, sunscreen, serum, dan masker. Progressnya ada tapi gak secepet dulu pas awa-awal aku pake, jujur ternyata maskernya enak banget adem gitu rasanya dan ini peel off mask. FYI, jadi Airin tuh packagingnya berubah gitu dan ada nama dari beberapa produk yang berubah juga tapi kalo formulannya gak juga apakah ada perubahan atau gak. Maybe kalo istiqomah ini hasilnya bakalan betterlah pokoknya tapi ya karena aku tergoda untuk mencoba yang lain juga hahahah

Ini kondisi kulit aku 15 Mei 2019, keliatan banget kasar, kusem, dan banyak bruntusan. Ini sebelum aku pake Airin lagi, karena efek cahaya jadi keliatannya tuh mungkin gak terlalu gimana-gimana tapi aslinya ini dipipi sebelah kanan terutama banyak banget white heads yang bikin aku frustasi sampe akhirnya aku cari chemical exfoliator which is toner AHA BHA PHAnya Some by mi. Alhamdulillah efeknya bekerja dengan baik dan aku combine juga sama rangkaian produk Airin, karena toner Some by mi ini cukup light di aku jadi lama-kelamaan kayak resisten gitu dan berasa biasa aja. U know what i mean?

Ini hasil dari pemakaian produk Airin dicombine dengan toner Some by mi. Aku lupa lagi kalo gak salah sekitar akhir 2019 deh ini tuh. Keliatan banget kan wajah jadi lebih cerah, bruntusannya agak mulai berkurang, dan bekas jerawat mulai tersamarkan.Sebenernya aku pengen banget share kondisi kulit aku dari tahun 2017 pas awal banget bermasalah, tapi karena aku ganti HP dan beberapa arsip termasuk foto-foto itu ilang jadi ya seadanya.


Namanya juga kulit kan ya kalo kita gak maintenance dengan baik hasilnyapun ya sesuai dengan apa yang kita treat gitu lho. Jadi strugglingnya gak sampe disitu aja, karena yang namanya maasalah kulit pasti bakalan muncul kapanpun. Beriring dengan berjalannya waktu, aku belajar mengenai kandungan skincare dari website, platform beauty, youtube, temen-temen beauty influencer, dan dokter di klinik kecantikan. Dari situ aku juga kan harus trial and error karena nyari skincare yang kandungannya cocok juga gak segampang itu. Alhamdulillah akhirnya aku nemu beberapa yang cocok dikulit aku dan sampe sekarang kalo kondisi kulit wajahku lagi bermasalah aku masih tetep pake juga. Aku bakalan drop produknya di bawah ini dan produknya aku gunakan di AM an PM.

Pasti kalian udah gak asing sama istilah "double cleansing" kan?

Nah, ini kalo perlu kalian catat baik-baik karena double cleansing is important terutama buat kalian yang sering banget makeupan. Salah satu kesalahan aku di 2017 itu ya karena aku belom pahan step cleansing yang baik dan benar. Setelah paham, even mau makeup atau enggak aku membiasakan diri untuk melakukan double cleansing. Kalo aku makeupan apalagi complexionnya tebel aku biasanya pake oil cleanser dulu baru ke micelar water, dan facial wash. Untuk bersihin makeup mata aplagi yang pake bahan waterproof gitu usahain bersihin dengan eye remover, karena untuk area mata kan sensitif jadi bersihin pake pembersih khusus.Karena disini aku mau fokusin buat double cleansing aja jadi aku skip oil cleansernya. Kenapa sih Rin banyak amat step cleansing doang? Because i've to make sure that my face completely clean!

Micellar Water

Ini step pertama aku dalam membersihkan wajah, even bangeun tidur aku pasti bersihin residu-residu skincare malem dengan micellar water. Pemilihan micellar water juga penting banget karena kalo gak tepat sesuai jenis kulit bisa bikin muncul maasalah baru.

Facial Wash

Aku saranin buat kondisi kulit berjerawat apalagi yang jerawatnya masih aktif untuk pake jenis facial wash yang gentle dan efek setelah mencuci wajahnya gak kering sampe berasa ketarik, karena kulit berjerawat itu biasanya kandungan minyaknya lebih banyak kan? Nah, buat yang suka pake obat totol jerawat atau skincare yang diperuntukan khusus untuk kulit jerawat biasanya nih bakalan bikin kulit jadi kering. Jadi penting juga buat milih facial wash yang bisa tetep menghidrasi kulit.

Facial Scrub

Facial scrub ini gak wajib sih, apalagi buat yang lagi berjerawat parah tolong hindari fisical exfoliator kayak scrub ya kalo keukeuh kulit wajah kalian bisa iritasi. Aku biasa pake scrub kalo kondisi jerawatku udah membaik dan itupun aku pilih yang scrubnya bener-bener halus.Pakenya cukup satu atau dua kali dalam seminggu.



Toner

Pilih toner yang bisa memberikan hidrasi pada kulit, hindari jenis exfoliator toner biar kulit gak iritasi. Jadi toner juga bisa berfungsi buat soothing kalo pilih toner dengan jenis yang tepat.




 Serum

Memilih serum juga harus tepat yang khusus direkomendasikan buat acne prone skin biar bekerja meberantas jerawat lebih efektif lagi gitu beb.




Sunscreen

Jangan lupa aplikasikan suncreen karena percuma sekalipun kalian pake skincare dewa yang harganya milyaranpun kalo gak pake sunscreen ya wassalam tuh formula dalem sunscreen gak bakalan bekerja secara optimal. Aku biasanya pake Biore UV Watery Essence atau L'oreal UV Perfect Matte and Fresh yang packagingnya biru itu kalo kondisi wajah aku lagi kering dan aku pake Acnes ini kalo kondisi aku cukup terhidrasi. Sampe saat ini juga sebenernya masih cari-cari sunscreen juga sih.





Acne treatment

Nah, ini juga gak kalah krusialnya ya. Untuk orang dengan acne prone skin ini pasti gak asing lagi. Produk acne treatment yang biasa aku pake sebagai berikut:


Acne lotion
Lotion jerawat dari Sariayu biasanya aku pake ini sebagai masker dipake 10-15 menit dibagian jerawat atau bruntusan lalu bilas. Aku gak pake setiap hari, biasanya aku pake seminggu tiga kali ya tergantung kondisi kulitnya juga.

Obat totol jerawat
Yang sering aku pake masih dari Sariayu, karena ini cukup bekerja dengan baik bisa mengeringkan jerawat kalo di aku. Selain itu aku pake Vitacid, nah ini peringatan penting buat kalian yang penasaran sama vitacid kalo bisa konsultasiin duru ke dokter kulit kalian karena emang gak bisa dipake sembarangan meskiput dijual bebas dipasaran apalagi buat kalian yang punya kulit sensitif karena efek sampingnya cukup bereaksi dijenis kulit tertentu.

Pimple Patch
Ini juga penting buat melindungi jerawat biar gak terkontaminasi debu, polusi, etc. juga biar gak dikopekin pake tangan, hmmm sebisa mungkin hindari ya mencet-mencet jerawat.



TIPS

Ada beberapa tips dari aku yang bisa dipraktekin, karena menurutku skincare aja gak cukup dan skincare semahal apapun bakalan percuma kalo habit kita masih gak diperhatiin. Tipsnya sebagai berikut:


Pastiin tangan selalu bersih sebelum memegang wajah dan mengaplikasikan produk pada wajah
Istirahat yang cukup, begadang jangan begadang kalau tiada artinya (gak usah nyanyi yaaak wkwk).

Manajemen stress yang baik, pressure itu pasti ada kan namanya orang idup tapi kita harus pinter-pinter ngemanage stress tersebut.

Pola makan dengan nutrisi yang cukup, jangan terlalu banyak mengonsumsi gula, makanan terlalu pedes, dan terlalu asin. Ya pokoknya konsumsi apapun secara wajar dan jangan berlebihan.

Minum air putih yang cukup.

Untuk yang biasa pake motor atau ojol, biasain pake masker.

Olahraga, meskipun olahraga ringan ini menurutku ngefek banget sih buat mendetoksifikasi dan menjaga kestabilan metabolisme yang akan berimbas pada kehakikian kulit kita beb.

Kalo memang gak bisa menangani permasalahan kulit sendiri, aku saranin jangan pernah coba-coba karena akan beresiko memperparah kondisi. Jadi sebaiknya konsultasikan segera kepada ahlinya langsung agar mendapatkan solusi tepat sesuai permasalahan kulit wajah.

Bisa juga memeriksakan diri ke dokter SpKK kalo memang merasa alergi terhadap suatu makanan atau minuman, misalnya olahan berbahan dasar susu, coklat, tepung, telul, dll atau bisa juga alergi terhadap bahan atau kandungan tertentu pada kosmetik yang bisa menyebabkan jerawat. Karena hal tersebut butuh penanganan khusus oleh ahli dibidang tersebut.



Sekian itulah acne story aku beserta cara penanganannya yang aku lakukan, hal-hal yang aku share ini adalah sesuai experience aku sendiri ya. Gak sedikit orang kan yang insecure sama kondisi kulit wajah mereka sendiri, menurutku ini wajar tapi kalo udah ke level sampe kepikiran terus jadi gak percaya diri, melakukan hal apapun merasa terbatas, dsb itu udah harus diperbaiki sih. Salah satu caranya dengan self love, kalo ada yang insecure sama jerawat misalnya kita harus ketahui bahwa hal tersebut wajar bukan hal yang harus dibenci atau ditakuti karena bassically gak ada orang yang 100% sempurna gak pernah bermasalah dengan kulitnya. Kembali lagi tergantung perspektif kita terhadap jerawat tersebut, kalo kita menghadapinya dengan perspektif positif bahwa oh ya ini adalah hal wajar jadi cara menanganinya pun dengan tenang tanpa grasak grusuk panik dsb. Sebaliknya, kalo perspektif kita selalu negatif yang dikhawatirkan akan membuat permasalahan kulit tidak teratasi dengan tepat.
Mungkin kalian punya tips sendiri yang bisa dishare dikolom komentar biar bisa dibaca oleh para pembaca lainnya, feel free yaa. Anyway thank u so much.

Comments

  1. Ngeliat skin care yang bejibun gini, jadi ngerasa betapa perjuangannya melawan jerawat itu gak gampang.. .

    Semangat kaaakkk. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah udah membaik sih tapi sebenernya yang lebih lama itu ngilangin bekasnya hehe

      Delete
  2. Waktu ngerjain skripsi aku jerawatan gila-gilaan. Dan saat itulah aku mulai aware dengan skincare, yang awalnya cuma facial wash aja jadi pakai rentetan skincare. Paling suka pas micellar water muncul, kelihatan bedanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga baru-baru kok mbak belajar lebih memahami skincare hehe

      Delete
  3. Dari serangkaian yang kamu post ini mba Rin, aku kok cuma make yang cetapil doang. ehhehe
    jadi sadar diri perawatan itu penting. Jerawatnya bisa ilang keren itu produknya ya

    ReplyDelete
  4. aku pake cetaphil itu untuk mandi karena kulit aku sangat kering. aku juga pake same by me toner dan sabunnya juga saat muka ngalami breakdown. alhamdulillah coco. sekarang kalau udah dapet produk yang cocok harus di pertahanin ya. merawat kulit itu memang sangat penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. multi fungsi ya bisa juga buatbadan cetaphil tuuuh, bener bgt mbak :)

      Delete
  5. waaah semoga lekas membaik ya kak :) karena aku tipe kulis kering jd jaraaaang bgt jerawatan tp lbh ke flek hitam huhuu samaan tonernya jg bikin hydrating kulit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah udah tinggal bekasnya doang dan lebih PR sih ini hihi

      Delete
  6. Aku termasuk yang jerawatan parah mulai dari pertama kali mens sampai dengan awal-awal masuk kerja. Udah coba berbagai macam perawatan, pengobatan, dan produk. Udah ngga kehitung berapa uang yang kebuang tapi jerawat masih rajin aja muncul. Sampai aku ketemu skincare yang cocok, baru jerawatnya minggat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang penuh perjuangan ya kak, trial and error juga. i feel u...

      Delete
  7. Cocok ni buat kulitku yg sedang ada jerawat
    Ig : fikaindriyani66

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu acnes punya serum. Bentuk botolnya lucu. Aku sekarang juga lagi berusaha untuk merawat diri lagi. Meskipun nggak jerawatan, biar kulit nggak kusem aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mbak, itu serumnya Some By Mi kalo Acnes tuh sunscreennya. semangaaat mbak :)

      Delete
  9. Kalau aku tipe kulit normal to dry kak. Oh iya sunscreen ini penting banget ya kak walau kita dirumah aja. Karena tetap terpapar asap dan debu juga.

    ReplyDelete
  10. Jerawat itu memang sesuatu ya kak. suka muncul tiba-tiba terus ninggalin bekas yang entah kapan bisa hilang hikssss..

    ReplyDelete
  11. Aku belakangan suka lupa bersihin muka di malam hari haha. Ngerasa ngga kemana mana eh jadi kebawa padahal tetep penting ya Kak

    ReplyDelete
  12. Tiap orang memiliki kulit yang berbeda dan perawatannya juga berbeda. Memang harus konsultasi dan periksa kulit kita tergolong apa. Aku juga gitu kak, karena penasaran ingin beli skincare ini itu, jadinya pernah jerawat karena gak cocok kali ya. Terus lama aku baru cek kulitku ternyata kulitku kering jadi di anjurkan untuk memakai yang cocok dengan kulit. Yang penting tetap perawatan kulit kakk

    ReplyDelete
  13. Wah, serumnya samaan.... Eh tapi karena merasa enggak terlalu ada hasil, aku lagi stop dulu sih setelah udah 3/4 pakainya. Apa mungkin karena masih suka kurang telaten double cleansing itu, ya, makanya hasilnya juga kurang oke?

    ReplyDelete
  14. Kalau aku suka pakai SuKin dari pertama kali berasa pas di kulit wajahku dan memang efeknya oke. Biasanya aku jerawatan itu menjelang menstruasi sama kalau gak cocok pakai salah satu skincare karena ini pernah aku tes.

    ReplyDelete
  15. Selain bruntusan kakak memudar wajah kaka juga keliatan lebih cerah ya kak, aku skrng lagi ake cetaphil sama scrub yg oatmil juga ni kak, cinta bngr sama produknyaa

    ReplyDelete
  16. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.CLUB :-*
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review - Treatment di MS Glow Clinic Bandung

Assalamu’alaikum beauties, kali ini aku mau cerita mengenai keseruan event Bandung Hijab Blogger X MS Glow Bandung kemaren, event ini diselenggarakan di Noor Hotel jl. Madura No. 6 Bandung. Acaranya berlangsung seru banget karena dipandu oleh MC hits juga yaitu kak Elga Permana. Nah selain silaturahim Bandung Hijab Blogger family juga kita semua dapet banyak ilmu loh. Pertama kita dikenalin mengenai MS Glow Clinic oleh kak Latifah Nuraeni yang sekaligus sebagai manager MS Glow, jadi MS Glow tuh udah buka di lima cabang di kota-kota besar di Indonesia, ada di Malang, Bali, Jakarta, Surabaya dan Bandung. Untuk MS Glow cabang Bandung lokasinya ada di jl. Lombok No. 3 Bandung, lokasinya cukup strategis guys. MS Glow ini mempunyai visi misi untuk mempercantik wanita Indonesia agar menjadi elegant dan fresh, untuk yang bertanya-tanya aman ga sih kliniknya atau halal ga sih? Jangan khawatir guys karena untuk treatment peralatannya di ekspor dari Eropa tentu peralatan canggih ters

Review - Glam Matte by MS Glow

Siapa sih yang gak suka dan impresive banget sama yang namanya lip matte, aku pikir hampir semua perempuan sangat-sangat suka sama yang namanya lip matte even itu orang-orang dengan bibir kering. karena bagi aku pribadi lip matte itu lebih nyaman dipakai daripada lip gloss atau lipstik yang satin dan terkesan lembab banget kalo dibandingkan sama lipstik yang matte. daaan aku baru tau kalo MS Glow juga memproduksi lip matte, bahagiaaa banget. Kali ini aku bakalan review lip matte dari MS Glow, namanya Glam Matte Long Lasting Lipmatte. Disini aku punya yang shade 02. Warna di packaging kotaknya tuh warna ungu tapi pas dibuka warna mauve dan pas di pake agak mauve tapi ke ungu gitu. Aku suka sama warnanya karena aku belum punya juga lipmatte dengan warna kayak gini. Biasanya warna-warna yang aku punya tuh mauve yang bener-bener mauve atau lebih ke peach atau coklat. Packaging seperti yang kita tau, kalo lip cream secara umum packagingnya ya seperti itu. sama hal

Review - JARKEEN SERUM

Hallo gengs.. Kali ini aku mau ngeracunin kalian. Kalian tau kaaan minggu kemaren di IG Story aku, aku menghadiri soft opening JARKEEN di Jl. Ariajipang Bandung. JARKEEN merupakan brand skincare yang dimanage oleh RAMS COMMPANY, tau kan ownernya siapa? Selebgram yang geulis pisan tidak lain dan tidak bukan yaitu Septrina. Serius ya ini tuh kalo ada bazar aja selalu penuh antriannya apalagi pas soft opening dengan diskon 50% all item beb antriannya dari Anyer sampe Panarukan wkwkwk Kala itu aku harus berjuang sama mbak-mbak dan teteh-teteh yang buka jastip juga mamang ojol yang setia ngantri demi orderan terpenuhi. Edan pisan kan ini... Favorit aku saat ini dua item produk JARKEEN yaitu, SKIN PURIFIER GEL SERUM dan PURE+ EYE SERUM. Nyata banget dong bikin kulit lebih cerah dan glowing. Pokoknya baru 3x kali pemakaian diaku udah kerasa banget perbedaannya. Aki mix sama AHA BHA juga jadi aku pake serum ini buat pagi dan malemnya aku pake peeling serumku. Jenis kulit

Review - AZALEA GENTLE FACE WASH WONDER SKIN

Assalamu'alaikum gengss Siapa nih yang suka makeupan??? Buat sebagian besar perempuan makeup itu merupakan hal yang krusial, kadang kalo gak apply makeup berasa ada yang kurang aja gitu kan? bahkan bisa sampe bawa makeup pouch kemana-mana biar bisa touch up. Aku pun sama, apalagi kalo kerja menurutku makeup bisa menunjang profesionalitas dalam pekerjaan ya atleast kalo ketemu orang kan kita keliatannya lebih  fresh dan semangat kalo dibandingin kita gak pake makeup, meskipun itu cuma lipstik doang haha Tapiii abis makeupan pada gak lupa buat bersihin wajah kan? Ini amat sangat penting gengs, apalagi  kayak aku pengguna setia jasa moda transportasi online bersihin wajah setelah seharian beraktivitas tuh hukumnya wajib banget biar gak timbul masalah di kulit wajah kayak bruntusan, komedo, sampe jerawat. Kalo udah jerawatan kan jadi PR juga buat sendiri, jadi lebih baik mencegah daripada mengobati. Selain itu, pemilihan sabun pembersih juga harus tepat sesuai jenis

Review N’PURE CICA Clear Pad, Solusi Ekfoliasi Asyik Tanpa Iritasi

Siapa nih yang rajin skincarean tapi malah skip eksfoliasi karena takut iritasi? Sekarang gak bakalan lagi deeeh Aku punya solusi eksfoliasi yang asik tanpa rasa sakit bahkan iritasi karena, diklaim cocok buat segala jenis kulit. Tidak lain dan tidak bukan adalah N’PURE CICA Clear Pad. Sebelumnya, aku mau bahas dulu seberapa penting eksfoliasi. Sebenarnya kulit kita itu akan beregenerasi secara alami. Tapi eksfoliasi ternyata penting lho apalagi buat orang yang sering make up. Selain bisa membersihkan kotoran dan sisa make up, eksfoliasi juga bisa membersihkan sel kulit mati. Setelah eksfoliasi biasanya kulit jadi lebih bersih, halus, dan lembut. Bukan itu aja, kulit jadi lebih siap untuk menerima skincare selanjutnya. Kalau mau lanjut pake make up, make up akan lebih nempel karena tekstur kulit jadi lebih ok. Next, aku mau bahas N’PURE CICA Clear Pad yang lagi aku pake sekarang. Menurutku, ini adalah solusi eksfoliasi tanpa rasa sakit dan iritasi. Packaging N’PURE CICA Clear Pad ini m